BRD (BUSINESS REQUIREMENTS DOCUMENTS)

 

Business Requirements Documents

Business Requirements Documents, disingkat BRD, adalah sebuah dokumen yang menjelaskan solusi bisnis untuk suatu proyek, seperti apa yang harus dilakukan perusahaan terhadap produk baru atau produk yang diperbarui.

Elemen BRD

  • Deskripsi Proyek  
  • Lingkup Proyek 
  • Kebutuhan Fungsional 
  •  Kebutuhan Non Fungsiona
  •  Biaya
  • Tim

·         Penanggung Jawab Proyek

  •      Tim proyek    Setiap atau semua mitra bisnis.
  •       Setiap atau semua mitra bisnis
  •       Pemilik proses atau perwakilannya.
  •       Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia

Mengapa BRD itu Penting

  •  Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.
  • Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.
  • Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.  
  •  Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan.
Contoh Business Requirements Documents

Business Requirement Document

 

 

 

 

 

PROYEK APLIKASI PERPUSTAKAAN

Dibuat Oleh : Yoga Rizqi Prasmana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

SALATIGA






 

PERSETUJUAN

Dibuat Oleh :

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 

Direview Oleh :

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 

Disetujui Oleh

Nama

Title

Tanda Tangan

Tanggal

 

 

 

 

 


 

DAFTAR ISI

 

1.     Deskripsi Proyek ………………………………………………………………….1

2.     Lingkungan Proyek………………………………………………………………1

3.     Kebutuhan Fungsional…………………………………………………………...1

3.1 Spesifikasi Kebutuhan………………………………………………………...1

3.2 Use Case Diagram……………………………………………………………..2

3.3 Entity Relationship Diagram (ERD) …………………………………….......2

4.     Kebutuhan Non Fungsional……………………………………………………..3

5.     Biaya………………………………………………………………………………3

6.     Tim………………………………………………………………………………..4

7.      Penjadwalan………………………………………………………………………4


 

1.     Deskripsi Proyek

Proyek Perpustakaan ini merupakan aplikasi software yang berfungsi untuk mempermudah petugas perpustakan Politeknik Bhakti Semesta dalam mengelola peminjaman buku. Aplikasi ini dibuat menggunakan teknologi web dengan Bahasa pemograman PHP, HTML, CSS, dan database MySQL.

2.     Lingkup Proyek

Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi.

            Desain Layout terdiri dari:

a)      Tampilan login

b)      Tampilan dashboard

Fitur Aplikasi terdiri dari:

a)      Fitur login

b)      Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data siswa

3.     Kebutuhan Fungsional

             3.1  Spesifikasi Kebutuhan

Proyek Perpustakaan ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau bagian petugas perpustakaan dapat mengakses dan mengelola anggota perpustakaan, serta daftar buku secara penuh (full access). Fitur utama yang dapat dikelola adalah

a)      Manajemen user login

b)      Manajemen data anggota perpustakaan

c)      Manajemen data buku


3.2  Use Case Diagram

  •     Use case ini terdiri dari 2 actor yang berinteraksi dengan satu sistemn yaitu petugas perpus dan mahasiswa
  • Petugas perpus, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi data perpus mulai dari login dan melakukan aksi terhadap data mahasiswa, sedangkan Mahasiwa hanya untuk mengkases pengisian data mahasiswa ketika register sesrta melakukan peminjaman buku
  • Register, untuk mahasiswa belum memiliki akun melakuan register terlebih dahulu untuk mendapatkan akunLogin, setelah mendapatkan akun, user harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem, dalam hal ini adalah fitur data siswa
  • Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan
  • Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda
  • Detil buku yang dipinjam minimal berisi data judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit

3.3  Entity Relationship Diagram (ERD)


1. Entitas mahasiswa mempunyai atribut nama, NIM, prodi, jenis kelamin, alamat dan no telp.
2. Mahasiwa sebagai anggota mempunyai atribut no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan.
3. Untuk entitas petugas memiliki atribut user name, password, dan id petugas.
4. Saat meminjam harus mencantumkan tgl pinjaman, kode pinjam, tgl kembali.
5. Buku juga terdapat data berupa judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit.
6.  Jika terjadi keterlambatan pada pengembalian buku, akan di kenai denda beserta tarifnya.

 4. Kebutuhan Non Fungsional

Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:

a.     Bisa digunakan pada berbagai macam browser

b.     Tampilan user friendly dan responsif

c.      Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password

d.     Mudah digunakan

e.     Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)

5. 5. Biaya

Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen

·       Analisa dan Pembuatan Business Requirement Document : Rp. 200.000

·       Pembuatan Desain dan Layout Web                                        : Rp. 300.000

·       Pembuatan Modul Login dan Siswa                                        : Rp. 500.000

·       Testing dan Deployment Aplikasi                                            : Rp. 300.000

·       Total                                                                                          : Rp. 1.300.000

6. 6. Tim

Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:

·        Nama siswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document

·        Nama siswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web

·        Nama siswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web

·        Nama siswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testing/pengujian terhadap aplikasi

·        Nama siswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server

7. 7. Penjadwalan

Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut

Komponen

Pekan 1

Pekan 2

Pekan 3

Pekan 4

Pembuatan BRD

 

 

 

 

Desain & Layout

 

 

 

 

Development

 

 

 

 

Testing & Deployment

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.     

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kejawen di Pulau Jawa

OSINT

Instalasi Mutillidae